Kamis, 17 November 2016

Mengaktifkan Sinyal HDMI untuk TV

Pada dasarnya ketika kita melakukan atau menghubungkan raspberry kita ke TV, Monitor bahkan laptop, butuh beberapa konfigurasi dasar agar bisa muncul tampilan raspberry PI kita. Biasanya seperti pengalaman saya, ketika kbel HDMI di input ke DVI HDMI TV, tidak terdeteksi bahkan keluar pesan "No Signal Display" maksudnya tidak ada sinyal atau sinyalnya terlalu kecil untuk di deteksi pada TV atau monitor kita. 

  Pada dasarnya Raspberry Pi tidak memiliki BIOS seperti pada PC atau komputer pada umumnya. Hal ini dikarenakan raspberry PI adalah sebuah platform yang sudah tertanam pada boardnya. Biasanya untuk konfigurasinya sendiri pada sistemnya bisanya dilakukan dengan cara mengedit dan disimpan dalam sebuah file teks opsional bernama config.txt. File Ini dibaca oleh GPU sebelum CPU ARM dan Linux yang dijalankan, karena file ini harus terletak pada boot partisi kartu SD Card Kita, bersama bootcode.bin dan start.elf
  Sesudah kita melakukan pengeditan, perubahan yang kita buat hanya akan berlaku setelah kita melakukan reboot pada Raspberry PI. pada tutorial ini saya akan membahas bagaimana konfigurasi dari Script /boot/config.txt pada raspberry PI untuk HDMI to HDMI. Oke langsung saja kita bahas bahagaimana konfigurasinya sendiri.


1. Hal yang pertama adalah kita harus membuka file /boot/config.txt di laptop kita dengan cara memasukan SD card ke card reader dan dihubungkan ke laptop kita lewat slot USB port pada Laptop.


2. Selanjutnya, kita mencari baris atau text bawah ini untuk mengaktifkan sinyal HDMI :
# hdmi_force_hotplug =1
lalu  hilangkan tanda pagar ( " # " ), agar tidak dianggap Comment oleh shell. seperti di bawah ini 
hdmi_force_hotplug =1
  Untuk Pengaturan yang bernilai 1 adalah mengaktifkan sinyal hotplug ke HDMI, sehingga tampak bahwa tampilan HDMI terpasang. Dengan kata lain, mode keluaran HDMI akan digunakan, bahkan jika ada monitor HDMI terdeteksi diraspberry sendiri. 

3. Selanjutnya, kita save dan pasangkan kembali SD card pada slot Raspberry kita dan kita jalankan raspberry nya.

NB : Testing Pada Raspberry 3 model B


Reff: http://www.kutulinux.com/2016/10/mengaktifkan-sinyal-hdmi-untuk-tv.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar